Belajar Budidaya Ayam Kampung

Belajar Budidaya Ayam Kampung | Membicarakan masalah bisnis, tentu ayam kampung menjadi pilihan bisnis yang tepat. Karena kebutuhan ayam kampung yang tidak pernah surut atau tidak pernah menurun. Permintaan ayam kampung akan semakin meningkat di hari-hari tertentu, misalnya saja saat hari besar idul fitri atau bahkan saat puasa. Banyak rumah makan, rumah makan lesehan di pinggir jalan bahkan restaurant yang menawarkan menu ayam kampung. Ayam kampung yang ada di warung lesehan biasanya ayam kampung goreng, ayam kampung penyet dan ayam kampung crispy. Sedangkan jika masuk ke dalam restaurant, ayam kampung pun menjadi menu andalan yaitu berupa ingkung ayam kampung. Oleh sebab itu, menggeluti bisnis ayam kampung bisa sangat menjanjikan karena semua bagian dari ayam kampung akan berguna dan dapat dimanfaatkan. Jika Anda berminat untuk menggeluti bisnis ini, Anda harus tahu bagaimana caranya belajar budidaya ayam kampung.

Belajar budidaya ayam kampung tidak serumit dengan ayam potong, ayam kampung merupakan ayam yang mudah untuk di budidayakan. Cara membudidayakan ayam kampung adalah berikut ini :

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit unggul, bibit ini memiliki andil sebanyak 30% dari kualitas ayam kampung yang akan Anda budidayakan. Pilihlah bibit dari usaha peternakan yang berkualitas. Jika Anda memiliki kerabat yang sudah terlebih dahulu memelihara ayam kampung. Anda bisa meminta bibit ayam kampung padanya. Akan tetapi pilihlah dari bibit ayam yang berkualitas juga.
  2. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah dalam segi pakan atau makanan. Pakan juga memberikan andil yang besar terhadap kualitas ayam kampung yang Anda budidayakan. Pakan yang bisa Anda berikan adalah konsentrat, jagung, dedak, dan pakan alternatif yang meliputi roti BS, mie instant yang remuk, bihun BS dan masih banyak lainnya. Untuk ukuran pakan yang harus diberikan adalah 7 gram per hari sampai ayam berumur satu minggu, lalu 19 gram per hari sampai umur ayam dua minggu, 34 gram per hari sampai ayam umur 3 minggu, 47 gram per hari sampai ayam umur 4 minggu, 58 gram per hari sampai ayam umur 5 minggu, 66 gram per hari sampai ayam berumur 6 minggu, 72 gram per hari sampai ayam berumur 7 minggu dan yang gterakhir adalah 74 gram perhari sampai ayam umur 8 minggu. Untuk pemberian air tidak dibatasi.
  3. Kandang ayam harus kering dan tidak lembab, buatlah kandang bisa ditembus oleh sinar matahari pagi, sirkulasi udaranya juga cukup baik, dan yang terpenting jagalah selalu kebersihan kandang ayam.

Itulah beberapa cara bagaimana budidaya ayam kampung yang baik dan benar, semoga bermanfaat bagi Anda. Sapa tahu ayam kampung menjadi jembatan rezeki yang lebih baik untuk Anda.

Informasi Menarik Sebelumnya : Melihat Peluang Bisnis Ayam Kampung

Comments

comments