Membeli Ayam Kampung Karkas, Lebih Praktis

Membeli Ayam Kampung Karkas, Lebih Praktis | Selamat Datang di Citra Lestari Group.

Ayam….. kata yang sangat mudah diingat oleh siapapun di Indonesia. Boleh jadi kata inilah yang paling sering mengisi pikiran Anda, setiap kali Anda ditanya daging apa yang paling disuka dan paling praktis disajikan. Beragam jawaban akan Anda lontarkan, tetapi saya yakin sekali pada dasarnya jawaban itu tidak akan melenceng jauh dari kata ayam. Ayam goreng, ayam bakar, sate ayam, adalah jawaban jawaban yang paling cepat diingat.Dari beragam jenis ayam, Anda pasti akan lebih memilih daging ayam kampung daripada daging ayam negeri, betul kan ?.

Dulu jika orang tua Anda ingin makan daging ayam, maka mereka akan mengambil dari hasil ternak mereka, atau paling tidak mereka akan membeli seekor ayam kampung hidup yang kemudian akan disembelih sendiri. Hal ini dilakukan karena pola dan gaya hidup orang – orang dulu tidak sesibuk seperti sekarang ini. Bila dilihat dari satu sisi, hal ini memang menguntungkan karena lebih murah. Tetapi di sisi lain hal ini menambah satu masalah lain, khususnya bagi Anda yang hidup di perkotaan, karena sampah,seperti bulu dan kotorannya, pasti akan berdampak pada lingkungan Anda.

Apa itu  Ayam Kampung Karkas ?

Pada era modern ini, dimana kita selalu dituntut untuk selalu bekerja secara lebih praktis dan serba cepat, langkah langkah di atas sudah sangat jarang dapat Anda temukan. Sebagai manusia modern yang serba instan, manakah yang  lebih Anda sukai , membeli ayam kampung yang sudah terpotong atau istilahnya Ayam Kampung Karkas atau memotong ayam kampung sendiri ? Saya yakin  Anda pasti akan berpikir,mau makan ayam kampung saja mengapa harus begitu repot , benar  kan ? Karena proses penyajian yang terlalu lama, yang menyita waktu, tenaga, dan bahan bakar gas untuk kompor. Ada cara yang lebih cerdas dan praktis, yaitu dengan membeli ayam kampung karkas.

Jika  kita mencari arti kata Ayam Kampung Karkasdi google, dengan cara mengetikkan pada kolom URL kata “ arti kata ayam karkas “  maka akan muncul sejumlah artikel yang membahas tentang istilah tersebut.  Secara ringkas kata daging karkas berarti bagian tubuh unggas yang sudah disembelih, yang selanjutnya dipisahkan antara kepala, sayap, paha atas, paha bawah dada, cakar, dan organ dalam seperti ampela, usus, dan hati . Hal ini sebenarnya lebih menguntungkan , karena bagian ayam kampung yang tidak Anda suka tidak perlu Anda beli

Keuntungan dan kerugian 

Jika berbicara keuntungan pasti kita juga selayaknya berbicara tentang kerugian jika membeli Ayam Kampung Karkas. Secara umum kerugiannya adalah sebagai berikut :

  1. Harga beli ayam yang makin mahal karena semua bagian dijual secara terpisah.
  2. Belum ada standarisasi jenis ayam kampung yang dijual di super market maupun swalayan,sehingga tak jarang yang diaku sebagai ayam kampung sebenarnya adalah ayam pejantan, ayam persilangan atau bahkan ayam arab.

Upaya Standarisasi oleh HIMPULI

Untuk mencegah terjadinya praktek penipuan penjualan ayam karkas, HIMPULI (Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia) telah berupaya untuk membuat beberapa ketentuan sehingga daging tersebut layak disebut sebagai daging Ayam Kampung Karkas. Hal ini tentu tidak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti misalnya menyangkut jenis kualitas pakan ternak, cara pemeliharaan, sehingga diharapkan Anda dapat memperoleh daging ayam kampung yang sesuai dengan yang kriteria yang Anda harapkan .

Pembelian Ayam Karkas Hubungi :

phone

Informasi Sebelumnya : Seminar Budidaya Ayam Kampung Untuk Anda

Comments

comments