Peternakan Ayam di Bekasi

Peternakan Ayam di Bekasi | Selamat Datang di Citra Lestari Group.

Di kota Bekasi terdapat salah seorang pengusaha ayam kampung super yang namanya sudah cukup terkenal di kalangan para pengusaha di bidang ayam. Namanya adalah Bambang Krista. Dalam seminggu saja omzet yang ia raup mencapai 20 juta dengan beternak ayam kampung super. Ayam kampung super adalah jenis ayam hasil persilangan antara pejantan ayam kampung lokal dengan indukan ayam ras yang memiliki sifat pertumbuhan cepat sehingga anakannya pun dapat bertumbuh dengan cepat pula. Daging ayam kampung pun memiliki keunggulan lebih gurih didabndingkan dengan ayam broiler. Ketahanannya terhadap penyakit juga lebih baik dibanding kan dengan ayam broiler.

bapak

Pengusaha Ayam Kampung : Bambang Krista

Bekasi, Pasar Potensial Membuka Usaha Peternakan Ayam Kampung

Kabupaten Bekasi merupakan sentra kota yang sangat cocok untuk dijadikan pengembangan bisnis usaha peternakan ayam kampung. Apalagi kabupaten ini memiliki visi menjadikan agribisnis sebagai basis. Akan tetapi sayangnya, dengan tumbuh suburnya kawasan industri dan menjamurnya perumahan, banyak kandang-kandang peternakan ayam milik warga tergusur. Alhasil banyak peternakan ayam di Bekasiyang kemudian pindah ke Karawang untuk menjalankan bisnisnya kembali. Perkembangan bisnis ayam kampung pedaging dan petelur, memang berbeda. Di bekasi sendiri pertumbuhan bisnis ayam kampung petelur tidak sepesat peternakan ayam pedaging.

Bambang Krista, Profil Pengusaha Sukses Beternak Ayam Kampung

Bambang Krista adalah contoh seorang pengusaha sukses yang memiliki peternakan ayam di Bekasi. Tak hanya mampu mengelola ayam kampung pedaging, bahkan pengusaha sukses ini juga mampu mengelola ayam kampung petelur dengan produksi yang luar biasa. Setiap pekannya ia mampu memproduksi sekitar 5000 ekor ayam dan 10.000 telur ayam. Tak hanya itu saja ia juga menjual bibit ayam atau Daily Old Chicken (DOC) antara 7000 hingga 10.000 tiap pekan.

Bambang Krista dalam memberikan sosialisasi terkait usaha beternak ayam kampung ini seringkali menekankan pada kondisi kandang yang harus steril. Karena ada salah stau contoh kasus, yang mana klient-nya membeli bibit dariinya namun kemudian mati mendadak. Dan setelah diteliti ternyata kondisi tersebut disebabkan karena keadaan kandang yang kurang steril. Menurutnya, ayam kampung itu sangat sensitif dan gampang stres terhadap perubahan disekitarnya. Maka dari itu, perhatikan dengan baik kondisi kandang ayam tersebut. Jaga sirkulasi udaranya dan usahakan kandang steril dari virus dan bakteri.

Beternak Ayam Kampung dengan Sistem Probiotik

Di kota Bekasi juga terdapat salah seorang pengusaha ayam yang terkenal dengan pola pemeliharaan peternakannya menggunakan sistem probiotik. Sistem probiotik adalah pemberian obat pada hewan tanpa menggunakan bahan kimia melainkan diambil dari mikroba yang bisa membunuh bakteri patogen. Keuntungan dengan menggunakan sistem probiotik ini kotoran ayam menjadi menyusut sekitar 13%, bahan pakan menjadi lebih irit dan kualitas daging yang dihasilkan lebih baik, lebih awet dan lebih segar.

Informasi menarik sebelumnya : Memaksimalkan usaha ayam kampung dengan mengikuti pelatihan ayam kampung

Comments

comments